Penampakan Atap di Perumahan

Stop! Perhatikan Dulu 5 Kesalahan Ini Sebelum Memasang Atap Gelombang Instant

Memasang atap gelombang instant memang terlihat mudah. Tapi, nyatanya banyak juga yang akhirnya melakukan kesalahan. Alhasil, atap gelombang terpasang namun tidak maksimal bahkan jauh dari harapan. 

Lalu, sebenarnya apa saja hal yang tidak boleh Anda lakukan saat melakukan pemasangan atap gelombang? Perhatikan baik-baik informasi di bawah ini agar hal tersebut tidak terjadi pada proyek Anda. 

Tidak Melakukan Perhitungan Terlebih Dahulu 

Walaupun hanya memasang atap gelombang, Anda tetap harus melakukan perhitungan yang akurat. Salah satunya adalah dengan menghitung jumlah kebutuhan atap gelombang. Bayangkan jika Anda hanya memperkirakannya saja. 

Besar kemungkinan jumlah atap akan kurang atau bahkan berlebihan. Tentu saja, hal ini akan mengganggu proyek pengerjaan pemasangan atap di rumah Anda. 

Memasang Secara Asal-Asalan 

Memang, memasang atap gelombang tidak memerlukan alat khusus. Namun, bukan berarti Anda bisa memasang atap tersebut secara asal-asalan. Misalnya, Anda perlu tahu cara memaku atap gelombang instant yang aman. 

Pengetahuan ini akan mencegah risiko keretakan atau pecah saat proses pemakuan. Risiko ini akan mengakibatkan kebocoran. Alhasil, Anda harus merombak atap tersebut. Bahkan, pemasangan secara asal-asalan akan mempengaruhi kekuatan struktur pondasinya. 

Tidak Memperhatikan Pemasangan Kuda-Kuda Atap 

Selain memperhatikan kualitas atap gelombang, Anda pun harus memperhatikan proses pemasangan kuda-kuda atap. Jika terjadi kesalahan sedikit saja, maka risiko atap akan ambruk semakin besar. 

Sangat berisiko, bukan? Karena itu, sesuaikan jenis atap gelombang yang akan Anda gunakan, jarak bentangan, serta beban yang akan ditopang.

Memilih Bahan Rangka Atap dan Material Atap Tanpa Pertimbangan 

Proses pemilihan bahan rangka dan material atap tidak bisa dilakukan sesuka hati. Anda harus memastikan jika rangka atap mampu menahan material atap gelombang yang akan Anda gunakan. Bahkan, Anda pun harus mempertimbangkan kemampuan rangka dalam menahan kondisi cuaca di sekitar tempat tinggal Anda. Jika tidak, maka pasti akan terjadi masalah bahkan sampai ambruk. 

Memasang Dudukan Rangka Terlalu Miring 

Jangan lupa untuk memperhatikan masalah kemiringan dudukan rangka. Pasalnya, jika terlalu miring, maka risiko ambruk pun semakin besar. Pastikan kuda-kuda sudah menempel sempurna pada ring balok. 

Memasang dudukan rangka terlalu miring akan membuat kekuatan tekan menjadi tidak seimbang. Kekuatan konstruksi pun lebih lemah. 

Mengingat pentingnya hal tersebut, maka ada baiknya Anda menyewa tukang pasang atap gelombang profesional dan pengalaman. Mereka pastinya paham cara menghitung kebutuhan bahan, pemilihan bahan, serta proses pemasangannya. Anda pun bisa mendiskusikan proyek ini dengan mereka dengan baik. 

Dengan begitu, proses pemasangan atap gelombang instant bisa berjalan dengan lancar dan aman. Sudah pasti, hasilnya pun akan lebih maksimal dan aman saat digunakan. Anda juga benar-benar mendapatkan keuntungan dari pemasangan atap gelombang tersebut. 

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *