pipes

5 Keunggulan Pipa Seamless Di Bidang Industri

Dalam bidang industri terdapat berbagai jenis pipa sesuai kegunaannya masing-masing. Salah satunya besi pipa seamless yang merupakan pipa dengan ketahanan tinggi terhadap korosi. Sehingga, banyak industri minyak serta gas yang memanfaatkannya. Terlebih, pipa ini mempunyai karakter yang kuat dan tahan terhadap tekanan tinggi sehingga jadi pilihan terbaik dalam kebutuhan industri. 

Pipa seamless juga merupakan pipa baja tanpa sambungan las di permukaannya. Selain itu, pipa ini juga diproduksi dengan metode tertentu sehingga mempunyai kelebihan untuk diaplikasikan dalam berbagai kebutuhan industri. Pipa ini sendiri terbuat dari baja karbon serta memiliki bentuk silinder. Nah, ada beberapa pengaplikasian pipa seamless yang perlu Sobat ketahui, antara lain:

  1. Dalam industri minyak dan gas

Pipa seamless digunakan secara luas dalam industri minyak dan gas. Di mana pipa jenis ini dimanfaatkan untuk mengangkut minyak mentah maupun gas alam dari sumur produksi diteruskan ke fasilitas pengiriman, yaitu pelabuhan guna diekspor. Dalam hal ini, diperlukan kekuatan, ketahanan, serta kelancaran aliran dari pipa seamless. Hal yang penting adalah tetap menjaga kelancaran operasi produksi serta distribusi minyak serta gas.

  1. Industri Petrokimia

Di urutan kedua, penggunaan pipa jenis ini dalam bidang industri Petrokimia, yaitu penggunaannya dalam mengalirkan berbagai produk kimia. Produk kimia seperti etilen, butadiena, propilen, dan masih banyak lagi perlu dialirkan dari unit-unit pemrosesan atau penyimpanan. Pipa ini sangat sesuai guna mengalirkan bahan kimia yang bersifat korosif dan berbahaya mengingat ketahanannya akan reaksi kimia. 

  1. Dalam industri pembangkit listrik 

Umumnya, pipa ini digunakan sebagai material yang mengangkut uap atau udara dalam proses pembangkitan listrik. Penggunaan pipa seamless menjamin kelancaran aliran serta ketahanan pada tekanan juga suhu tinggi. Dengan begitu, kinerja pembangkit listrik pun akan optimal. 

  1. Dalam industri kelautan

Pipa jenis ini lebih banyak dimanfaatkan dalam industri kelautan serta proyek lepas pantai. Sebab, di lingkungan seperti pantai laut lepas membutuhkan pipa yang tahan mengatasi tekanan laut serta korosi oleh air asin. Tak heran, jika karena ketahanannya yang tinggi akan korosi membuat pipa jenis ini banyak digunakan di platform minyak serta gas lepas pantai.

  1. Dalam industri konstruksi

Tak disangka pula, pipa ini juga memiliki kegunaan dalam bidang konstruksi, termasuk berbagai proyek infrastruktur. Mulai dari jalan raya, jembatan, dan masih banyak fasilitas umum lainnya. Terutama dalam fasilitas pengolahan udara, sebab pipa ini mempunyai kelebihan dalam mengalirkan udara serta beraneka fluida. 

Nah, pipa seamless ini menjadi pilihan yang tepat dalam bidang industri minyak, gas, maupun udara karena ketahanannya yang tinggi terhadap korosi. Dengan begitu, bisa mengalirkan berbagai material dengan baik serta lancar. Terlebih dalam bidang pembangkit listrik yang menjadi komponen penting dalam kegiatan sehari-hari. Tidak perlu diragukan kembali kan penggunaan pipa seamless ini dalam bidang industri?

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *