electric convection oven

Oven Konvensional Versus Convection Oven

Banyak pengusaha bakery dan pastry yang memilih menggunakan electric convection oven dibandingkan oven konvensional. Akan tetapi, apakah ini berarti bahwa oven konveksi selalu menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan memanggang Anda? Tidak ada salahnya membandingkan kedua jenis oven ini sebelum memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Oven Konvensional

Oven konvensional sebenarnya memiliki beberapa kelebihan dibandingkan electric convection oven. Dalam beberapa situasi, oven konvensional bisa dikatakan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan oven konveksi. Desain oven konvensional sendiri memang cukup sederhana dan cocok digunakan untuk memasak atau membakar makanan dengan metode konvensional.

Oven konvensional sendiri memiliki kemampuan untuk membuat panas yang konsisten di sekitar makanan untuk menghasilkan panggangan yang lebih merata dan tekstur makanan yang lebih baik. Tak hanya itu, pemeliharaan dan perawatan oven konvensional juga terbilang lebih mudah sehingga harga oven jenis ini pun lebih terjangkau.

Akan tetapi, selain kelebihan tersebut, oven konvensional juga memiliki kekurangan yang membuat pengguna mempertimbangkan untuk beralih ke oven konveksi. Oven konvensional biasanya menggunakan gas sebagai sumber energi sehingga biaya produksi menggunakan oven jenis ini terbilang lebih mahal dibandingkan oven konveksi yang menggunakan energi listrik.

Karena menggunakan gas sebagai sumber energi, oven konvensional cenderung lebih berbahaya bila tidak dipasang dengan benar. Lalai dalam pemasangan oven konvensional bisa mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Selain itu, memasak menggunakan oven konvensional juga membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan oven konveksi.

Oven Konveksi (Convectional Oven)

Bagaimana dengan oven konveksi? Oven konveksi adalah juara dari segi efisiensi penggunaan waktu dan energi saat proses pemanggangan. Makanan yang dipanggang dalam oven jenis ini bisa matang lebih merata dalam waktu yang lebih cepat karena adanya fitur kipas internal yang mampu menjaga sirkulasi udara panas yang merata di sekitar makanan.

Dengan spesifikasi tersebut, oven konveksi bisa menjadi pilihan terbaik untuk memanggang kue yang lembut. Anda juga bisa memanggang daging yang akan menghasilkan permukaan yang renyah. Anda bahkan bisa menggoreng dengan oven konveksi tanpa menggunakan minyak sama sekali sehingga makanan yang dihasilkan jauh lebih sehat tanpa melupakan kelezatan rasa.

Tentu, oven konveksi tak melulu soal berbagai kelebihan karena Anda juga bisa menemukan beberapa kekurangan pada oven jenis ini. Salah satu kekurangan yang paling mudah dilihat dari oven konveksi adalah harganya yang terbilang jauh lebih mahal dibandingkan oven konvensional.

Selain itu, Anda mungkin juga perlu melakukan penyesuaian dari segi resep dan waktu memasak ketika menggunakan oven konveksi karena hasil akhirnya bisa saja berbeda dengan ketika menggunakan oven konvensional. Perlu diingat, electric convection oven bisa menyebarkan panas lebih merata dan membuat waktu memasak lebih cepat dibanding oven konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *