produksi reng baja ringan

3 Kelebihan Reng Baja Ringan, Solusi Konstruksi Atap Bangunan yang Kuat dan Ramah Lingkungan

Beberapa waktu terakhir reng baja ringan lebih banyak dipilih sebagai material atap terutama untuk rumah kekinian. Mengapa? Karena atap baja ringan dinilai lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan rangka atap kayu. Meskipun begitu, anda tetap disarankan untuk mencari tahu informasi seputar atap baja ringan agar bisa memahami konstruksi rumah secara mendalam.

Pengertian Reng Baja Ringan

Reng adalah baja ringan yang berbentuk bilah. Umumnya dipasang melintang untuk menahan seng atau genteng. Pada dasarnya fungsi reng ini adalah sebagai peletakan genteng dan penutup atap, serta untuk mengikat rangka kuda-kuda konstruksi atap suatu bangunan.

Reng dari baja ringan ini memiliki berat lebih ringan dan tahan lama jika dibandingkan dengan reng dari bambu atau kayu. Selain itu, jenis reng ini juga tahan karat karena terbuat dari Zinc tahan karat sehingga cocok untuk kondisi cuaca di Indonesia. 

Ukuran Reng Baja Ringan

Reng ini biasanya berbentuk trapesium dengan ukuran yang dibedakan berdasarkan ketebalan dan tinggi profil. Namun, secara umum ukuran reng baja ringan adalah 0.40 mm sampai 0.60 mm. Sedangkan untuk tinggi profil adalah mulai dari 28 mm, 30 mm, 31 mm, 40 mm, 70 mm dan 100 mm.

Poin pentingnya adalah spesifikasi reng baja ringan ini mampu mempengaruhi daya kuat rangka untuk menopang atap. Dapat dikatakan semakin tinggi spesifikasi profil reng akan semakin kokoh untuk menahan berat dari genteng.

Kelebihan Reng Baja Ringan

Apa saja kelebihan reng dari baja ringan dibandingkan material atap bangunan lainnya? dibawah ini detailnya:

  1. Anti rayap dan tahan karat

Jenis reng ini dijamin lebih tahan dari serangan rayap. Sebab, terbuat dari material logam galvalum yang anti karat. Karena reng lebih tahan lama otomatis akan lebih menguntungkan daripada reng dari kayu atau bambu. Karena anda tidak perlu keluar uang lagi untuk mengganti material atap yang lapuk akibat terkena panas dan hujan.

  1. Mudah dipasang

Dari segi pemasangan, reng dari baja ringan lebih mudah dipasang. Secara tidak langsung kemudahan ini berdampak pada kecepatan waktu dan biaya pengerjaan. Seperti yang diketahui, proses pengerjaan yang singkat akan membuat biaya yang anda keluarkan menjadi lebih murah.

  1. Merupakan material ramah lingkungan karena bisa didaur ulang

Ternyata material dari baja ringan bisa dimanfaatkan kembali untuk membangun bangunan lain. Sebagai contoh, rumah anda sedang dibongkar, dan rangka baja ringan yang berhasil dibongkar tadi bisa anda gunakan kembali. Karena reng tidak lapuk atau mengalami penyusutan.

Itu tadi pembahasan singkat mengenai pengertian, ukuran dan kelebihan reng baja ringan yang akan membuat konstruksi atap rumah anda menjadi lebih kuat, kokoh dan juga ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *