cara perawatan genset

Penting, ini Cara Merawat Genset Open Dengan Baik!

Penting untuk Anda mengetahui, bagaimana cara perawatan genset open dengan baik. Agar mesin genset yang Anda miliki, dapat berjalan dengan baik, dan pastinya awet. Mengingat genset dengan tipe open ini tidak mempunyai pelindung di bagian luar, jadi Anda harus merawatnya dengan baik. Berikut yang harus Anda lakukan :

  1. Letakkan genset di tempat kering

Gensert tipe open ini, memang bisa diletakkan dimana saja, baik di dalam ruangan atau juga di luar ruangan. Pastikan, ruangan atau tempat menyimpan genset kering, atau tidak mudah terkena air. Selain itu, letakkan mesin tersebut, di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung, agar genset tidak mudah rusak.

  1. Jaga kebersihan genset

Bersihkan genset open secara rutin, dari berbagai macam debu, minyak, kotoran, air, yang menempel pada genset, terutama pada bagian radiator. Anda dapat membersihkan genset menggunakan lap bersih dan kering.

  1. Pastikan sirkulasi udaranya baik

Apabila Anda meletakkan genset open di dalam ruangan, pastikan ruangan tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik. Tujuannya agar Gas Buang dari hasil pembakaran Genset, yang berasal dari asap knalpot terbuang dengan baik, dan tidak terkurung di dalam ruangan.

Ketika sirkulasi udaranya baik, selain membuat ruangan jadi aman dari racun udara, juga membuat genset tidak cepat panas.

  1. Lakukan pemeriksaan pada Distilled Water di bagian baterai

Anda juga perlu mengisi ulang Distilled Water yang ada pada baterai, dalam kurun waktu tertentu. Umumnya hal tersebut dilakukan setiap 2 hingga 3 tahun sekali. Karena jika tidak hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja genset, hasilnya genset tidak mudah rusak.    

  1. Cek oli  mesin genset secara berkala  

Oli pada mesin genset, adalah salah satu hal yang penting dalam cara perawatan genset. Anda harus memeriksanya secara berkala, ganti oli mesin ketika sudah terlihat keruh, hitam atau volumenya kurang dari kadar normal. Anda dapat mengganti oleh setiap 6 bulan sekali, atau ketika kondisi oli sudah tidak normal.

  1. Periksa bahan bakar

Selain oli, Anda juga perlu memeriksa bahan bakar yang digunakan secara rutin. Jika bahan bakar kurang atau tidak mencukupi kebutuhan, maka genset jadi mudah rusak, karena kekeringan. Hal tersebut, berlaku untuk semua jenis bahan bakar, baik diesel, bensin atau juga gas.

  1. Perhatikan kabel instrumen

Mengingat ini adalah alat yang akan menghasilkan listrik, sudah pasti akan ada berbagai jenis kabel, pada mesin tersebut. Pastikan kabel terawat dengan baik, selain dijaga kebersihannya, juga pastikan kabel tidak dalam kondisi terbuka. Hal tersebut untuk menjaga genset tetap dapat bekerja dengan baik.

  1. Ganti sparepart yang sudah aus atau rusak

Ketika genset digunakan dalam jangka waktu yang lama, sudah pasti beberapa spare part pada mesin genset tidak bekerja secara maksimal lagi. Jika sudah demikian, Anda perlu menggantinya dengan sparepart yang baru.

Untuk mengetahui sparepart apa saja yang sebaiknya diganti, Anda dapat membacanya di buku panduan cara perawatan genset, ketika membeli mesin genset tersebut.

Jadi, bagi Anda yang saat ini berniat untuk membeli genset open, atau bahkan sudah memilikinya, sebaiknya perhatikan hal hal yang sudah disebutkan di atas. Pastikan Anda mengecek dan mengetahui cara perawatan genset dengan baik, agar kinerja mesin genset senantiasa baik, dan pastinya tidak mudah rusak.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *