beberapa pekerja bangunan sedang panjat besi

5 Fungsi Dan Manfaat Besi Wiremesh

Kokohnya struktur bangunan kini dapat dimaksimalkan melalui pemilihan komponen yang tepat, salah satunya adalah besi wiremesh yang banyak ditemukan di tempat jual wiremesh. Bukan sembarang besi, material bangunan satu ini telah lama diandalkan sebagai kunci pemanjang usia bangunan.

Mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang, mari mengulas fungsi dan manfaat dari jenis rangka besi satu ini!

Ini Fungsi dari Besi Wiremesh

Saat membangun sebuah konstruksi, setiap komponen akan saling bermanfaat bagi satu sama lain dalam menghasilkan bangunan yang kokoh, tahan lama, dan sempurna. Berikut beberapa kegunaan dan fungsi besi wiremesh :

  • Rangkaian besi ini berfungsi sebagai tulangan pada saluran drainase untuk beton jenis u ditch precast, tutup buis, dan culvert box.
  • Mampu menahan beban dengan baik, wiremesh juga diaplikasikan pada konstruksi tol dan jalan raya.
  • Memperkuat bangunan bertingkat, wiremesh dimanfaatkan sebagai penguat dak beton, plat lantai.
  • Khusus plat beton menggantung pun perlu bantuan wiremesh untuk konstruksi saluran pembuangan air hujan maupun bangunan bertingkat.
  • Untuk memperkeras struktur tanah dan penopang beban, wiremesh juga dapat dijadikan plat beton.

Manfaatnya Besi Wiremesh

Pemilihan bahan bangunan sudah pasti akan berdampak pada hasil dan keamanannya di kemudian hari, sehingga bukan jadi alasan anda memilih bahan yang terlalu murah. Penggunaan besi wiremesh sendiri dapat jadi pilihan tepat untuk memperoleh bangunan kokoh dan berumur panjang.

Berikut ini beberapa manfaatnya jika anda menggunakan wiremesh pada bangunan :

1. Tidak butuh perhatian khusus

Dapat menghemat biaya pekerja, pemasangan wiremesh umumnya tidak memerlukan perhatian yang khusus karena kemudahan dalam proses instalasi.

2. Praktis

Untuk besi tulangan beton pun pengerjaannya jauh lebih praktis dan mempersingkat waktu karena hanya tinggal menggelarnya tanpa perlu dirakit dari nol.

3. Ekonomis

Dari segi harga, besi wiremesh juga dikenal ekonomis dan mampu mengurangi beban besi tulangan pada beton.

4. Berkualitas

Tulangan beton yang bakal digunakan juga kualitas dan tingkat ketepatan meningkat berkat besi wiremesh.

5. Pengiriman mudah

Proses pengiriman bahan bangunan tak jarang jadi hambatan karena ukurannya yang terlalu besar. Namun hambatan ini tak akan ditemukan pada wiremesh karena tersedia dalam bentuk gulungan.

Berapakah Harga Besi Wiremesh?

Budgeting menjadi aktivitas penting yang akan memasukkan banyak pertimbangan dalam memilih bahan bangunan. Namun anda jangan khawatir soal harga besi wiremesh yang ada di pasaran.

Merangkum dari banyak sumber, besi tersebut tersedia versi SNI dan non-SNI dengan harga jual mulai Rp140 ribuan dengan ukuran terkecil, hingga Rp1 jutaan untuk ukuran terbesarnya dan tergantung tempat jual wiremesh.

Memangkas budget pembangunan umumnya dilakukan dengan memilih material yang kurang berkualitas, akan tetapi cara satu ini kurang bijak karena menyangkut keselamatan banyak orang.

Itu dia penjelasan seputar fungsi, manfaat, dan perkiraan harga besi wiremesh yang dijual di tempat jual wiremesh, semoga bermanfaat.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *