lokasi konstruksi bangunan

Sebelum Dipasang, Kenali Kelebihan Dan Kekurangan Besi CNP

Ketika membeli material bangunan seperti besi CNP, Anda tentunya ingin mengetahui kelebihan-kelebihan yang ditawarkan oleh tempat jual besi CNP. Namun, bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan struktur dan konstruksi mempunyai kekurangan yang sebaiknya diantisipasi. Mengabaikannya justru akan berbalik membahayakan kaerena Anda tak menyiapkan solusi.

Kelebihan besi CNP

Sejumlah kelebihan yang ditawarkan besi jenis CNP meliputi:

  • Bahan kuat dan kokoh

Bentuknya yang menyerupai huruf C dan bahan yang terrlihat tipis sering kali membuat beberapa orang meremehkan besi CNP. Kenyataannya, produk ini menawarkan kekuatan dan ketahanan yang stabil pada bangunan yang didirikan. Hal ini tak terlepas dari fakta bahwa material ini terbuat dari campuran kromium, karbon, nikel, dan aluminium besi berkualitas tinggi.

  • Anti karat dan anti rayap

Biasanya, besi identik dengan sifatnya yang mudah berkarat, terutana saat sering terpapar cairan tanpa perawatan yang memadai. Namun, hal tersebut tidak akan dijumpai saat Anda memakai CNP yang bahan-bahan penyusunnya menghasilkan sifat anti karat. Bukan hanya itu, material ini punya tingkat kekuatan yang membuatnya tak mudah dijebol rayap. Untuk info lebih lanjut bisa juga di diskusikan oleh tempat jual besi CNP.

  • Mudah dipasang

Satu lagi kelebihan yang akan Anda peroleh saat mengandalkan material ini adalah pemasangan yang mudah. Desainnya yang menyerupai huruf C membuatnya mudah dibentuk sesuai rancangan yang sudah Anda siapkan. Selain itu, material ini dapat dikombinasikan dengan jenis lain untuk menghasilkan bangunan kokoh dan tahan lama.

Kekurangan besi CNP

Sementara kekurangan yang perlu Anda antisipasi dari besi CNP adalah:

  • Tampilan kurang estetis

Penggunaan CNP untuk menyusun rangka atap umum dijumpai, tetapi penampilan yang terlihat kadang dinilai kurang estetis. Hal ini disebabkan jarak di antara besi yang rapat yang memberikan kesan kaku pada bangunan. Oleh karena itu, kalau Anda ingin memberikan desain interior yang cantik, gunakan material lain pada bagian atap rumah.

  • Instalasi tak boleh sembarangan

Di balik fleksibilitasnya, besi CNP tak boleh sembarangan dipasang. Penyedia jasa instalasi biasanya akan memperhatikan jarak di antara potongan besi untuk mencegah risiko berbahaya, salah satunya roboh akibat ada jeda yang lebar. Untuk itu, diskusikan dengan pihak pemasang besi maupun arsitek untuk mengecek potensi pemasangan material pada bangunan.

  • Mudah lepas terbawa angin

Cuaca ekstrem atau karakter daratan menjadi salah dua faktor yang membuat kawasan tertentu menerima tiupan angin yang kuat dengan frekuensi tinggi. Maka dari itu, Anda harus hati-hati saat memilih CNP untuk konstruksi bangunan. Pasalnya, jenis besi ini termasuk yang mudah lepas begitu terbawa angin kencang kalau rangkanya kurang kuat dan rapat.

Demikian kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan besi CNP sebagai bahan struktur hingga konstruksi bangunan sehingga banyak juga yang jual besi CNP. Mudah-mudahkan bermanfaat dan memudahkan Anda menentukan ukuran besi yang sesuai!

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *