mesin cuci bukaan depan

5 Kesalahan Pemakaian Sering Terjadi Pada Mesin Cuci Bukaan Depan

Belum lama Anda membeli mesin cuci bukaan depan ternyata sudah mulai menunjukkan gejala kerusakan seperti suara bising dan sabun deterjen yang tiba-tiba keluar dari pintu depan. Ternyata, ada faktor lain yang membuat mesin cuci tersebut cepat rusak. Simak faktor penyebab mesin cuci gampang rusak di bawah ini!

  1. Overload Pakaian 

Perlu diperhatikan bahwa memasukkan pakaian baik kering atau basah melebihi kapasitas muatan mesin cuci bukaan depan membuat mesinnya bekerja lebih ekstra. Hal itu juga membuat frekuensi putaran atau RPM mesin menjadi lebih tinggi dari aturan normalnya. 

  1. Bekerja Non Stop 

Jangka waktu terbaik dalam menggunakan mesin cuci di jeda 30 menit diam dan dinginkan. Barulah selang waktu berikutnya Anda bisa memakainya lagi. Apabila Anda memakai mesin cuci untuk usaha laundry baiknya servis berkala dan membuat jadwal waktu penggilingan baju, bisa dikatakan bahwa cadangan mesin cuci lain harus tersedia.

  1. Residu Deterjen Secara Berlebihan 

Menuangkan deterjen bubuk secara berlebihan dengan anggapan agar pakaian lebih bersih hanya akan membuat limbah residu. Limbah residunya membuat banyak busa yang mengakibatkan luapan busa. Saat busa meluap ada sisa yang terselip di komponen luar mesin, efeknya bisa konsleting secara perlahan.

  1. Kotornya Komponen Ventilasi Pengering 

Kegunaan dari ventilasi pengering adalah menjaga kelembaban udara dalam ruangan mesin cuci sehingga bisa keluar dengan baik. Apabila kotor maka kelembaban ruangannya makin tinggi dan membuat panas. Efeknya sistem pengeringan semakin tambah panas suhunya. Bersihkan dengan lap kering dan gunakan metanol agar debu bisa terangkat sempurna.

  1. Teknik Menekan Tombol Mesin Cuci Kasar 

Hal ini terkesan sepele tapi nyatanya saat Anda mengoperasikan tombolnya kasar membuat sekrup putarannya cepat aus dan mempengaruhi kinerja komponen lainnya. Anda bisa menekan pelan dan memutar tombolnya dengan halus agar tidak kendor bagian sekrup.

Membeli mesin cuci bukaan depan harus mengukur jumlah keluarga dalam satu rumah. Kapasitas mesin cuci untuk 4 orang serumah adalah 7 kg hingga 8 kg. Merek mesin cuci terbaik sekalipun akan rentan rusak jika Anda tidak cermat merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *