gigi palsu

Berapa Harga Gigi Palsu? Simak Ulasan Berikut Lengkap dengan Jenis dan Tahapannya

Mengetahui estimasi harga gigi palsu penting untuk anda yang ingin mengganti gigi tanggal atau hilang milik anda. Meski begitu, sebelum itu ketahui juga jenis-jenis gigi tiruan serta prosedur dan harga gigi palsu agar tak salah memilih langkah. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Jenis-jenis Gigi Palsu

Secara umum terdapat dua jenis gigi palsu yang bisa digunakan yaitu gigi tiruan permanen dan gigi tiruan lepasan. Masing-masing juga memiliki pembagian jenis tertentu. Namun, anda biasanya ada sejumlah jenis gigi palsu yang kerap kali disarankan, diantaranya:

1.Gigi Palsu Bahan Lentur

Jika menggunakan gigi palsu yang menggunakan bahan ini tentu akan menambah sisi estetik dari gigi anda. Memiliki bahan yang tidak sekeras akrilik dan cenderung lebih tipis, model gigi yang dipakai bisa menyesuaikan dengan struktur gigi anda.

Terlebih, bahan ini juga memiliki kelebihan di mana warnanya bisa disesuaikan dengan warna gusi anda. Tak hanya itu, bahan yang lentur juga memudahkan gigi palsu untuk menempel di baik di gigi.

2.Gigi Palsu Bahan Akrilik

Untuk anda yang menggunakan gigi palsu untuk menggantikan beberapa saja atau gigi yang tanggal hanya satu bisa menggunakan bahan akrilik. Bahan akrilik dan kawat model ini akan berguna untuk menyambungkan gigi palsu dengan gigi asli yang masih ada pada rahang.

3.Gigi Palsu Penuh

Kemudia ada gigi palsu atau gigi tiruan penuh yang dipasangs ecara menyeluruh pada rahang bawah, atas atau kedua rahang yang telah hilang. Biasanya jenis ini banyak digunakan oleh para lansia atau lanjut usia. Bahannya pun bisa memakai akrilik ataupun bahan lain yang cenderung lebih lentur.

Nah, untuk harga gigi palsu sendiri menyesuaikan dengan keinginan dari pasien serta kerusakan yang dialami. Semakin banyak kerusakan yang dialami maka biaya yang diperlukan juga akan semakin banyak. Selain itu, jenis bahan yang nantinya akan digunakan untuk gigi palsu juga sangat berpengaruh dengan harganya.

Tahapan Pembuatan Gigi Palsu

Adapun beberapa tahapan yang biasanya dilakukan sebelum melakukan pemasangan gigi palsu. Berikut rincian singkatnya:

  • Pemeriksaan rongga gigi secara menyeluruh pada pasien
  • Pengambilan foto rontgen yang dimaksudkan untuk mengetahui posisi tulang dan gigi secara mendetail
  • Pencetakan gigi palsu sesuai dengan kondisi mulut dengan menggunakan bahan khusus
  • Pembuatan gigi palsu dengan memakai cetakan gigi yang telah dibuat sebelumnya
  • Dokter akan melakuka pemasangan gigi palsu pada pasien

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, harga gigi palsu menyesuaikan beberapa kondisi. Seperti jenis bahan yang digunakan untuk gigi palsu serta kondisi gigi dan mulut. Misalnya, pada pasien yang memiliki banyak gigi ompong atau hilang maka biaya yang dibutuhkan juga semakin mahal.

Untuk itu, jika anda berniat untuk memakai gigi palsu sebaiknya konsultasikan kepada dokter yang berkompeten terhadap bidang ini. Usahakan untuk tidak menggunakan jasa tukang gigi sembarangan karena jika hasilnya tidak baik maka akan berdampak pada kesehatan mulut dan gigi anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *