bacon sedang dimasak diatas grill

Griddle Electric VS Gas, Pilih Mana Untuk Dapur Komersial?

Di pasaran, Anda bisa pilih antara opsi griddle electric atau griddle gas. Lantas, opsi mana yang sebaiknya Anda pilih di antara keduanya, ya? Simak penjelasannya dulu di bawah ini agar Anda tak bingung lagi, yuk!

Apa Itu Griddle?

Pertama, griddle berbeda dengan grill. Kalau grill memiliki permukaan memasak yang berjarak, griddle punya permukaan yang mulus dan rata. Tergantung pilihan antara griddle elektrik atau gas, sumber api atau pemanasnya berada di bawah atau tersemat langsung pada permukaan memasaknya. 

Ketika memasak menggunakan griddle, Anda bisa mengunci rasa masakan karena tidak ada minyak yang menetes seperti saat Anda memasak dengan grill.

Mengenal Griddle Gas

Untuk varian griddle gas, ada pemanas di bawah plat griddle untuk memanaskan permukaan di atasnya. Biasanya, griddle gas bisa memanas dan mendingin dengan lebih cepat, apalagi kalau dibandingkan dengan griddle elektronik.

Hanya saja, jenis griddle yang satu ini tidak cukup akurat untuk memanaskan permukaan memasak secara merata. Apalagi jika ada angin yang mengenai griddle. 

Di samping itu, pemasangannya juga perlu dilakukan oleh profesional. Jadi Anda tidak bisa sembarangan melakukannya sendiri.

Mengenal Griddle Electric

Sementara itu, griddle electric memiliki elemen pemanas yang terpasang pada pelat griddle-nya. Meskipun griddle elektrik tidak panas secepat griddle gas, suhunya tidak mudah berubah dan panasnya bisa menyebar dengan lebih merata ke seluruh permukaan memasak.

Penggunaan griddle elektronik juga lebih mudah dan praktis. Anda tidak harus repot-repot menunggu teknisi profesional untuk pemasangannya karena Anda hanya perlu mencolokkan kabel ke sumber listrik. Karena beda dengan griddle gas, griddle elektronik tidak membutuhkan pemasangan pipa gas.

Ditambah lagi, harga griddle elektronik juga lebih terjangkau daripada griddle gas. Walaupun Anda juga tetap perlu mengatur ventilasi di dapur saat menggunakan griddle elektronik, biayanya cenderung lebih murah dibandingkan dengan penggunaan dan pemasangan griddle gas.

Lantas, pilih yang mana, ya? Pada akhirnya, semua kembali ke kebutuhan dan preferensi Anda masing-masing. Meski demikian, tak perlu diragukan lagi bahwa griddle electric menawarkan solusi yang lebih mudah dan praktis, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *